4 Bunga Simbol Kemujuran Ketika Imlek, Manakah pilihan Anda?

bunga Mei Hua

Bisa jadi telah jarang etnis Tionghoa di Tanah Air yang memberi bunga di Tahun Baru Imlek. Walaupun, di Tiongkok, memberi bunga merupakan kebiasaan yang acap kali dilakukan ketika Imlek tiba.

Tetapi, bunga-bunga ini tetap muncul di rumah-rumah orang yang merayakan Imlek. Bagi etnis Tionghoa bunga melambangkan kemujuran.

1. Mei hua

bunga Mei Hua
bunga Mei Hua

Mei hua merupakan bunga yang unik. Sampai kini masih banyak orang yang mengira mei hua merupakan sakura. Walaupun bukan. Mei hua lazimnya mekar di tahun baru sehingga etnis Tionghoa menerapkannya sebagai bunga yang mesti hadir ketika Imlek.

Bunganya berukuran kecil. Warnanya ada yang crimson dan merah. Pedagang bunga seperti di Pasar Fashionable BSD lazimnya menjual mei hua lengkap dengan batangnya. Menurut pedagang di sana, bunga dan ranting mei hua yang telah dipotong dari pohonnya ini bisa awet sampai setahun. Harganya? Mulai dari Rp130 ribu untuk mei hua crimson yang potongannya pendek.

Mei hua lambang kemujuran. Saat Imlek, ranting bunga mei hua lazimnya diterapkan untuk menggantung angpao sebagai pengundang kemujuran.

2. Bakung

bunga bakung
bunga bakung

Bakung merupakan simbol kemakmuran. Batangnya cukup besar seperti enak malam. Bunganya besar dan menawan. Tersedia dalam aneka warna.

Putih, kuning, ungu, crimson, oranye, dan merah. Anda tinggal pilih warna yang disukai.

Menjelang Imlek, pedagang lazimnya menjual bunga bakung potong. Kecuali bunga bakung potong, ada pula orang yang sengaja menanam bunga bakung di taman. Saat Imlek tiba, dia tinggal memindahkan bunga bakung berikut potnya ke ruangan.

3. Krisan

bunga krisan
bunga krisan

Saat Imlek tiba, krisan juga acap kali diterapkan sebagai pajangan.

Krisan memiliki simbol yang bagus. Absensi krisan di dalam rumah diinginkan bisa membikin pemiliknya panjang umur. Sama seperti bakung, krisan juga kaya warna.

Warna yang paling awam merupakan kuning dan oranye. Saat Imlek tiba, krisan awam dibereskan di vase bunga.

4. Bunga matahari

bunga matahari
bunga matahari

Munga Matahari sangat mudah dikenali. Kelopak bunganya berwarna kuning dan memutari bulatan bunga. Batangnya menjulang tinggi.

Bunga ini senantiasa meniru ke mana arah sang surya. Bunga ini melambangkan tahun yang bagus dan penuh berkah.

Saat Imlek tiba, bunga matahari ini awam ditaruh di vase bunga. Ruangan akan tampak lebih menawan dengan absensinya.

Dari empat bunga khas Imlek, nomor berapa yang Anda pilih?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *